January 21, 2012

Budidaya Semut Rangrang di Dalam Bambu

7 comments


Semut rangrang ini bisa dibudidayakan,secara tradisional maupun secara intensif. Budidaya semut rangrang secara tradisional bisa kita kembangkan dengan memindahkan segerombolan koloni/sarang dari pohon yang satu kepohon yang lainya. dalam budidaya semut rangrang secara intensif yakni dengan memelihara koloni semut rangrang pada sebuah tabung bambu, dan tabung bambu itu ditaruh pada pohon kering atau tongkat yang berada di tengah tengah kolam. Tujuan meletakkan sarang semut di tengah kola adalah agar semut-semut tidak kabur.

Cara pembuatan :

sediakan beberapa potongan bambu yang panjangnya kurang lebih 40 cm (sesuai keinginan), salah satu ujung bambu dilubangi dan sisi lainnya dibiarkan tertutup. Jumlah potongan bambu sebnayak 10 biji(semakin banyak potongan bambu semakin banyak penghasilan kroto dan bibit yang dihasilkan),kayu papan untuk talenan bambu dan papan untuk bertengger itu semut,dan kita bikin tatakan untuk meletakkan tabung-tabung bambu tersebut di kolam, kita bikin di kolam supaya semut tidak kabur,dan tidak diganggu oleh semut beda jenis.

Setelah itu kita taruh papan pada tatakan yang sudah kita buat dan taruh bambu tersebut diatas papan itu....,setelah itu kita pindahkan bibit dari segerombolan semut rangrang bersama ratu ratunya taruh di atas bambu,papan atau langsung kita masukan kedalam tabung bambunya supaya lebih cepat bersarang (tiap sarang pasti memiliki ratu),insya alloh itu semut nyarang didalam bambu.jangan lupa kasih makanan secukupnya,tulang tulang hewan,bangkai apa aja serangga juga mau,sekali kali kasih air gula karena semua semut sangat membutuhkan rasa manis. insya alloh dengan ketelatenan pasti bisa berkembang.


Artikel Terkait :



7 Responses so far

  1. Anonymous says:

    trimakasih atas ilmunya saya doakan smoga brhasil n ada yd membalasnya, akan saya coba

  2. OTOMOTIF says:

    baru-baru ini sdh pada bisa membudidayakan semut rangrang penghasil kroto di dalam kotak, kalau boleh tau gmn caranya..?? terima kasih sebelumnya

  3. syanur says:

    sederhana, masukkan saja potongan-potongan bambu tersebut di dalam kotak, jgn lupa kotak diberi ventilasi dengan diberi kasa nyamuk, rutin diberi makan dan minum air gula.

  4. Anonymous says:

    Terima kasih Mas. Ilmu yang sangat bermanfaat untuk usaha. http://iklangratis-anda.com

  5. Anonymous says:

    terimakasih udah mau berbagi ilmu, mudah mudahan berkah bagi anda dan berguna bagi kami yang menerimanya... !!!
    sekali lagi terimakasih sebanyak banyaknya.... ^_^

  6. Jadi pengen nyoba beternak semut, kalau boleh tau bibitnya saya bisa dapat dimana ya bro??

  7. kawicopy says:

    kalau berkenan mohon petunjuk disertai gambar detail nya. tolong dikirimkan ke email saya kawicopy@gmail.com. tks atas ilmunya. semoga mendapat rejeki berlimpah

Leave a Reply