April 3, 2012

Cara Menyatukan Koloni Semut Rangrang Yang Beda Sarang

2 comments
koloni semut rangrang pict

Bibit semut rangrang yang akan dimasukkan ke dalam tabung bambu tidak selalu dari satu koloni semut tetapi seringkali terdiri dari beberapa koloni semut. Jika semut-semut yang berlainan koloni ini dimasukkan jadi satu ke dalam tabung bambu maka akan berakibat pada kegagalan penangkaran karena semut-semut akan saling berkelahi dan bunuh membunuh.

Agar tidak terjadi hal demikian maka pakailah teknik menyatukan semut rangrang yang berbeda sarang/koloni sebagai berikut :

Cari segerombolan semut rangrang yang beda tempat/sarang/koloni, setelah kita dapat sarang semut beserta semut dan telurnya jangan langsung kita satukan sarang-sarang tersebut dikarenakan akan mengakibatkan berantem, tetapi kita ambil dulu krotonya atau telur semutnya, jangan sampai induknya terbawa karena akan mati akibat berantem,terus telurnya kita simpan dulu di dalam tempat yang aman dan teduh misalnya mangkok atau yang sejenisnya. Lalu kita tempatkan di deket tabung bambu yang sudah berisi,setelah beberapa saat semut-semut yang ada pasti membawa telur itu kesarangnya,telur telur itu dianggap telur dari sarangnya sendiri padahal telur itu dari sarang yang beda tempat. setelah beberapa hari telur itu menetas dan menjadi induk, nah setelah sekitar 1-2 mingguan baru kita bisa nyatukan induk induk semut dari beda sarang itu,Insya Allah semut tidak akan berantem seperti yang pernah kita ketahui.


Artikel Terkait :



2 Responses so far

  1. Baus sekali paparan informasi Gan semoga bermanfaat dan sukses selalu.

  2. made agus says:

    Ini informasi yg saya cari... ahirnya dapat pencerahann... terimakasih infonyaa... semoga suksess

Leave a Reply